Budidaya Udang Vaname Mampu Menghasilkan Miliaran Rupiah - Cheria Oxy Water

Budidaya Udang Vaname Mampu Menghasilkan Miliaran Rupiah

Budidaya Udang Vaname
Image : kabarnusa.com

Sebuah usaha budidaya udang vaname yang dikelola secara serius dan telaten, tidak mustahil akan mendapatkan keuntungan ratusan juta hingga mencapai miliaran rupiah. Hal ini telah dibuktikan oleh seorang warga Aceh Barat yang bernama Amiruddin. Ia berhasil meraup keuntungan hingga 235 juta rupiah berkat budidaya udang vaname.

Amiruddin mengatakan selama tiga kali panen, ia memperoleh keuntungan yang sangat besar. Saat panen pertama di mana udang berusia satu bulan, ia mendapatkan keuntungan 60 juta. Lalu pada panen kedua mendapatkan 70 juga. Dan panen ketiga dengan udang berusia 90 hari mendapatkan sekitar 105 juta.

Ia juga mengatakan jika hasil panen tersebut berupa panen parsial atau panen sebagian dari 1 juta benih yang ada pada sepuluh kolam budidaya udang vaname yang berlokasi di Desa Suak Pandan, Kecamatan Samatiga, Aceh Barat.

Untuk mengurangi jumlah udang yang terlalu banyak di dalam tambak, maka dilakukan panen parsial, sehingga sisa udang yang ada akan terus berkembang dan siap untuk dipanen pada usia sekitar 120 hari.

Amiruddin juga mengatakan panen parsial masih terus dilakukan sebanyak dua kali dalam waktu sepuluh hari ke depan. Nilai jualnya pun cenderung lebih mahal dari panen yang ketiga yang mencapati 78 ribu per kilogramnya. Sementara untuk panen yang keempat dan kelima bisa mencapai 80 ribu per kilogramnya.

Lebih lanjut ia memprediksikan jika nilai keuntungan dari panen keseluruhan mencapai 1.2 miliar rupiah dengan target hasil panen mencapai 13 ton dengan nilai jual 94 ribu per kilogramnya.

Berkat bisnis budidaya udang vaname yang berada di bawah manajemen PT. SIG, kini ia mampu menciptakan lapangan kerja dan menjaring belasan orang dari Aceh Barat.

Melalui program pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat pesisir, Amiruddin berharap jika bisnis yang ia jalani bisa dikembangkan oleh Pemerintah Aceh. Menurutnya bisnis udang vaname sangat menjanjikan. Bahkan pasarnya tidak lagi hanya lokal saja, melainkan juga diekspor ke beberapa negara maju, mulai dari Eropa, Jepang hingga Amerika.

Oleh karena bisnisnya yang sangat menjanjikan tersebut, ia menargetkan untuk memiliki 60 kolam secara keseluruhan. Ia juga ingin membangun laboratorium miliknya sendiri guna penelitian udang vaname yang ia budidayakan tersebut.

Lebih menariknya lagi, ia siap untuk memfasilitasi jika ada masyarakat yang ingin belajar lebih dalam tentang budidaya udang vaname ini.

Referensi :

https://www.ajnn.net/news/meraup-miliaran-rupiah-dari-budidaya-udang-vaname/index.html

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon

iklan banner