WOW! Pembersih Udara Attact Mampu Mencegah Virus, Termasuk Covid-19 - Cheria Oxy Water

WOW! Pembersih Udara Attact Mampu Mencegah Virus, Termasuk Covid-19

Mesin Pembersih Udara

Upaya untuk mencegah virus di lingkungan tempat tinggal memang perlu dilakukan secara intens. Selain menjaga kebersihan diri, yakni dengan cara menerapkan 5M, kita juga harus memperhatikan kebersihan udara yang kita hirup sehari-hari. Apalagi saat pandemi seperti sekarang ini, di mana udara dianggap sudah banyak terkontaminasi oleh berbagai zat polutan berbahaya, pun demikian disinyalir banyak paparan virus, termasuk virus yang lagi hits, yakni virus penyebab Covid-19.

Seperti dikutip dari koran.tempo.co, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mengatakan bahwa virus severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) mampu bertahan di udara di ruang yang tertutup dan banyak orang. Kondisi ini disinyalir menjadi salah satu jalan penularan virus corona lewat udara.

Proses Penularan Virus di Ruangan Tertutup

Berangkat dari permasalahan tersebut, solusi pun diberikan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) guna mencegah menularnya virus melalui udara, yakni dengan bantuan mesin pembersih udara. Teknologi yang bernama airborne nano-trapping-technology for anti-Covid treatment (ATTACT) ini diharapkan mampu mencegah menyebarnya virus maupun bakteri.

Seperti dikatakan oleh Nurul Taufiq Rochman, Kepala Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI, Attact adalah sebuah produk inovasi teknologi yang menggunakan metoda nano-trapping guna menangkap virus. Tidak hanya itu saja, alat ini juga ampuh untuk menonaktifkan virus, dengan menggunakan metoda ultraviolet germicidal irradiation (UVGI).

Cara Kerja ATTACT

ATTACT dilengkapi dengan tiga tahapan layer purifikasi udara. Setiap tahapan memiliki fungsi yang berbeda, yang memungkinkan disinfeksi udara dan menghilangkan polutan secara efektif.

Saat udara terkontaminasi oleh virus dan polutan, dipaksa untuk bersentuhan dengan droplet disinfektan dari nozzle, yang menyebabkan udara dan disinfektan bertabrakan serta meningkatkan luas permukaan sentuh.

Sementara filter yang diaktifkan oleh UV, menghancurkan polutan, merusak virus, bakteri, bahan kimia dan jamur pada tingkat molekuler.

Ia juga mengatakan bahwa tujuannya dibuat Attact ini untuk membantu mengurangi penyebaran virus corona di udara dengan teknologi ATTACK.

Mesin Pembersih Udara Anti Virus Attact
Image : koran.tempo.co

Adapun metode yang digunakan untuk menangkap partikel atau organisme (berukuran nano) di udara melalui membran air adalah metode nano-trapping. Sehingga partikel-partikel yang mengadung virus atau bakterti yang ada di udara akan ditangkap, disedot dan masuk ke dalam mesin.

Setelah di dalam mesin, akan disemprot dengan disinfektan, lalu dikeluargakan lagi udara yang sudah bersih. Teknologi keren ini memang dirancang untuk pemurnian udara dari virus corona di dalam ruangan dan mencegah penyebaran ke luar ruangan.

Menurut Nurul, jika digunakan secara terus menerus, teknologi ini cukup aman, karena tidak menggunakan disinfektan kimia dan bahan berbahaya lainnya. Air disinfektan terbukti cukup ampuh saat ini untuk menonaktifkan virus dan bakteri.

Demikian artikel yang bisa kami bahas mengenai mesin pembersih udara anti virus Attact. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Salam sehat

Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Kalau ditempat kerja saya lain produk tapi fungsinya sama mas, kalau lampu sudah merah itu menandakan ada bakteri, kuman, virus. Kalau kuning masih ada dikit-dikit, barulah kalau lampu hijau sudah aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara kerjanya kurang lebih sama sih Mas Roni. Pastinya setiap alat punya fitur yang berbeda... Tapi keren juga ya ada lampu indikasinya gitu

      Hapus


EmoticonEmoticon

iklan banner