Cara Mempertahankan Pelanggan Agar Tetap Loyal - Cheria Oxy Water

Cara Mempertahankan Pelanggan Agar Tetap Loyal

Cara Mempertahankan Pelanggan Agar Tetap Loyal

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu hal terpenting agar bisnis yang Anda jalani tetap eksis. Hal ini disebabkan, karena kepuasan pelanggan berperan penting untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis Anda. Bahkan bisa menjadi tolok ukur apakah bisnis yang Anda jalani bisa berjalan lama atau malah kandas di tengah jalan.

Konsumen akan datang kembali untuk membeli produk / jasa yang Anda jual, jika konsumen mendapatkan kepuasan yang terhadap produk / jasa yang Anda pasarkan. Begitu juga sebaliknya, jika produk / jasa yang kita pasarkan tidak bagus atau jelek, maka konsumen merasa tidak puas, dan ujungnya tidak akan kembali lagi.

Melalui artikel ini, Cheria Water ingin berbagi tips, cara mempertahankan pelanggan agar tetap loyal atau setia, berikut ulasannya :

1. Perhatian khusus

Berikan perhatian khusus kepada pelanggan dengan cara memperhatikan serta memenuhi kebutuhan apa saja yang diinginkan oleh pelanggan. Tanyakan kepada pelanggan, tentang keadaannya atau memberikan perhatian khusus sebelum dan sesudah membeli produk / jasa Anda.

2. Jalin hubungan baik

Jaga komunikasi yang baik dengan setiap pelanggan Anda. Bahkan setelah selesai transaksi pun tetap jalin hubungan yang baik dan saling menguntungkan, agar pelanggan kembali lagi ke toko Anda. Jangan hanya mementingkan keuntungan Anda sendiri saja, karena pelanggan semakin cerdas dalam memilih produk yang akan mereka beli.

3. Rutin follow up pasca penjualan

Catat setiap pelanggan yang datang membeli produk / jasa ke toko Anda. Dan follow up untuk membeli produk / jasa berikutnya, jadi bukan hanya mencari pelanggan baru saja, tetapi pelanggan yang lama pun tetap harus dipertahankan dengan baik.

4. Tawarkan program menarik

Banyak merchant besar, seperti Indomaret atau Alfamart menawarkan program menarik, seperti kartu keanggotaan maupun jenis kartu lainnya. Anda juga bisa menawarkan program kartu member (anggota) kepada setiap pelanggan Anda. Berikan penawaran khusus, seperti potongan harga serta bonus tertentu, jika pelanggan bergabung menjadi anggota bisnis Anda.

Demikian tips bagaimana menjaga loyalitas pelanggan agar selalu kembali ke toko atau usaha Anda. Sehingga bisnis akan tetap berjalan dengan lancar dan baik. 

Salam sehat 

Cheria Oxy Water

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon