Cara Membersihkan Galon Paling Efektif, Agar Terbebas dari Bakteri - Cheria Oxy Water

Cara Membersihkan Galon Paling Efektif, Agar Terbebas dari Bakteri

Cara Membersihkan Galon Air Minum

Salah satu peralatan rumah tangga yang cukup sering ditemui adalah dispenser untuk air minum galon. Keberadaannya memberikan manfaat yang banyak untuk keluarga di rumah. Bahkan dispenser menjadi barang wajib ada di setiap rumah, karena terbukti mampu memenuhi kebutuhan air minum dengan lebih mudah dan praktis, sehingga Anda tidak perlu memasak air terlebih dulu saat sedang membutuhkan air panas.

Kehadiran dispenser tentu tidak lengkap tanpa adanya galon. Di mana galon tersebut berfungsi untuk menampung air minum. Selain menjaga kebersihan dispenser, Anda juga perlu memperhatikan kebersihan galon secara rutin.

Terkadang mungkin saja Anda hanya fokus membersihkan dispensernya saja, sementara galon air minumnya luput sering Anda abaikan kebersihannya. Hal ini perlu diperhatikan untuk mencegah adanya kotoran yang nantinya akan tercampur dengan air minum.

Sulitnya membersihkan bagian dalam galon, kerap menjadi salah satu penyebab mengapa kebersihan galon air minum seringkali diabaikan. Dalam hal ini memang membutuhkan cara khusus yang perlu dilakukan. Malahan tidak jarang Anda membersihkannya hanya asal-asalan saja, tanpa dilakukan secara detail. Yang penting terlihat bersih. Padahal mungkin saja masih terdapat banyak bakteri di dalamnya.

Cara membersihkan galon air minum pada dasarnya cukup mudah dilakukan, hanya saja Anda harus mengetahui triknya agar benar-benar bersih terbebas dari kuman dan bakteri.

Beberapa Alat yang dibutuhkan

Untuk memudahkan Anda membersihkan galon air minum, ada beberapa peralatan yang dibutuhkan. Jika semua sudah lengkap dan siap digunakan, maka proses pembersihan bisa berjalan dengan mudah. Sebenarnya alat-alat berikut tidaklah wajib, hanya disarankan saja, agar hasilnya lebih maksimal.

  • sarung tangan karet
  • cairan bleaching
  • cairan pencuci piring (secukupnya)
  • sikat khusus untuk membersihkan botol (biasanya memiliki tangkai yang panjang)

Cara Membersihkan Galon Air Minum

Jika semua peralatan dan bahan untuk membersihkan telah siap, maka Anda bisa langsung membersihkannya. 

Isi galon yang akan Anda bersihkan dengan air hangat kuku hingga 1/4 bagian. Lalu tuangkan sabun cuci piring ke dalamnya. Tutup galon tersebut, dan kocok galon dengan kuat, agar carian sabun tadi bisa merata mengenai seluruh bagian dalam galon.

Selanjutnya buka tutup galon tersebut, lalu ambil sikat bertangkai panjang untuk menggosok bagian dalam galon. Pastikan Anda menggosoknya hingga ke bagian pinggir yang sulit dijangkau. Jika sudah, buang air sabun tersebut, lalu bilas dengan menggunakan air hangat, hingga bersih. Pastikan tidak ada lagi sisa sabun di dalamnya.

Langkah berikutnya, Anda isi galon lagi dengan air dingin (biasa). Lalu tuangkan sekitar setengah cangkir cairan bleaching. Tutup galon kembali dan kocok hingga merata. Diamkan dulu selama 1 - 2 menit. Selanjutnya buang air yang bercampur dengan cairan bleaching tadi. Bilas galon dengan air hingga benar-benar bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun di dalam galon. Setelah itu, Anda bisa mengeringkan galon sebelum digunakan untuk minum.

Dengan cara yang cukup detail seperti ini, maka galon Anda akan bersih dan terbebas dari bakteri serta kuman yang biasanya bersembunyi di bagian bawah yang sulit dijangkau ketika dibersihkan. 

Bagi Anda yang rutin membeli air minum isi ulang, tentu selalu membawa galon milik Anda bukan? Nah, selain galon terlihat bersih dan bebas dari kuman, galon yang rutin dibersihkan juga akan lebih awet. Jadi bisa dibilang tips ini cukup ampuh bagi Anda yang rutin membeli air minum isi ulang dengan galon milik sendiri.

Selamat mencoba.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon