8 Alasan Penting Mengapa Harus Minum Air Putih yang Cukup - Cheria Oxy Water

8 Alasan Penting Mengapa Harus Minum Air Putih yang Cukup

Mengapa Harus Minum Air Putih yang Cukup
Image : pixabay.com/sutulo

Kita pasti sudah sering mendengar anjuran untuk rajin minum air putih yang cukup setiap harinya. Karena air putih memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya, air putih bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, sehingga terhindar dari dehidrasi. Apalagi jika aktivitas kita cukup banyak, tentu saja membutuhkan asupan cairan yang banyak juga.

Kekurangan maupun kelebihan asupan air putih, sama-sama dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Maka dari itu, minum air putih juga ada aturannya. Tidak boleh berlebihan, apalagi sampai kekurangan, karena sama-sama berisiko.

Nah berikut adalah alasan penting mengapa kita harus minum air putih yang cukup setiap harinya :

1. Melancarkan sistem Pencernaan

Sudah tidak diragukan lagi jika rutin mengonsumsi air putih yang cukup, tentu sangat menguntungkan tubuh, salah satunya sistem pencernaan. Tubuh akan mampu menyerap nutrisi-nutrisi lebih banyak dan cepat.

2. Menyehatkan jantung

Asupan cairan yang cukup di dalam tubuh, akan mengalirkan darah ke jantung dan semakin membuat lancar, sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit jantung. Secara tidak langsung juga mampu menjaga kesehatan jantung.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus menyeimbangkan berat badan

Salah satu manfaat mengonsumsi air putih yang cukup adalah mampu meningkatkan metabolisme. Rutin minum air putih akan mengurangi porsi makan berlebih, sehingga berat badan dapat terjaga dengan baik. Hal ini disebabkan tubuh akan merasa kenyang lebih lama.

4. Menyehatkan ginjal dan usus

Air putih sangat baik bagi kesehatan organ tubuh yang penting, salah satunya adalah ginjal dan juga usus. Mengonsumsi air putih yang cukup akan membersihkan ginjal dari kotoran, kemudian selanjutnya kotoran pada usus akan dikeluarkan dengan lancar.

5. Melembabkan kulit dan mencegah keriput

Air putih mengandung mineral yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Kandungan tersebut juga dapat membantu menjaga regenerasi sel, karena sel-sel kulit mati dapat dihilangkan dan kulit menjadi lembab. Konsumsi air putih yang cukup mampu membantu mengatasi kulit kering dan keriput.

6. Menambah tenaga

Ketika tubuh kita kekurangan tenaga, tentu akan merasakan lelah sehingga mengalami dehidrasi. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, akan meminimalisir tubuh kekurangan cairan dan akan mengembalikan kesegaran tubuh, sehingga tubuh memiliki lebih banyak tenaga. Selanjutnya, aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan semangat.

7. Sebagai pereda stres

Alasan mengapa harus minum air putih yang cukup berikutnya adalah mampu mengendalikan emosi, sehingga tidak mudah stres. Karena kekurangan cairan dalam tubuhh bisa membuat tubuh dan pikiran mengalami stres.

8. Menyeimbangkan tubuh dan meningkatkan konsentrasi

Dehidrasi dapat menurunkan kinerja jantung, paru-paru dan organ penting lainnya. Menurunnya fungsi organ-organ tubuh tersebut dapat mengakibatkan tubuh rentan terkena penyakit. Selain itu, kekurangan cairan juga bisa membuat otak sulit untuk berkonsentrasi. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup, maka aliran oksigen ke otak menjadi lebih lancar dan membuat otak lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Demikian beberapa alasan paling penting yang harus kita ketahui, mengapa kita perlu minum air putih yang cukup. Semoga bisa bermanfaat.


Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon

iklan banner