Langkah dan Cara Membuat Kolam Ikan Koi - Cheria Oxy Water

Langkah dan Cara Membuat Kolam Ikan Koi

Cara Membuat Kolam Ikan Koi
Image : pixabay.com

Ikan koi, merupakan salah satu jenis ikan yang banyak diminati untuk dipelihara, baik itu sebagai hobi saja atau untuk keperluan bisnis. Berangkat dari hobi tersebut, tidak sedikit yang memanfaatkan untuk diternak dan dijual kembali. Penggemar ikan hias yang satu ini juga cukup banyak dan beragam, mulai dari anak-anak hingga usia dewasa.

Cara membuat kolam ikan koi, tentu tidak boleh asal-asalan. Agar ikan tidak mudah mati karena banyaknya tanaman liar seperti ganggang hijau yang memenuhi kolam. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membuat kolam ikan koi :

1. Persiapkan Peralatan dan Bahan
Peralatan yang dibutuhkan tidak jauh berbeda dengan peralatan yang diperlukan untuk pertukangan. Mulai dari cangkul, sekop, meteran, cethok, waterpass dan lainnya. Adapun bahan yang diperlukan sama seperti pada umumnya, terdiri dari semen, batu bata, pasir, batu kali, kapur, cat dinding dan bahan-bahan lainnya.

2. Persiapkan Lahan
Langkah selanjutnya adalah menentukan luas serta lokasi lahan untuk membuat kolam ikan. Jika Anda masih memiliki lahan di sekitar rumah, maka lahan kosong tersebut bisa dimanfaatkan. Namun jika ukuran lahannya lebih luas lagi, sangat cocok untuk yang ingin beternak ikan koi. Ukuran kolam bisa bervariasi tergantung lokasinya.

3. Konsep Kolam Ikan
Tentukan konsep atau bentuk kolam ikan yang ingin dibuat. Kolam bisa dibuat memanjang, persegi atau melingkar hingga bentuk yang tidak beraturan yang sesuai dengan dekorasi yang diinginkan. Dan pastikan kolam ikan bisa mendapatkan aliran air dengan mudah.

4. Perhatikan Bagian Dasar Kolam
Bagian dasar kolam ikan koi dibuat sedikit miring. Hal ini bertujuan untuk memudahkan aliran air saat dilakukan pengurasan atau penggantian air. Dasar yang miring memungkinkan kotoran ikan dapat berkumpul di suatu tempat tertentu.. Sehingga Anda jadi lebih mudah untuk membersihkannya.

Buatlah dasar kolam dengan permukaan yang halus. Hindari untuk memasang permukaan kolam dengan permukaan atau ubin yang kasar. Hal ini untuk menghindari gesekan tubuh ikan koi saat melakukan gerakan yang ekstrim. Selain itu juga untuk menghindari Anda terluka saat sedang membersihkan dasar kolam.

5. Mesin Nano Bubble
Yang tidak kalah pentingnya adalah perawatan dari kolam ikan itu sendiri. Nah untuk memudahkan Anda dalam membersihkan air kolam ikan koi, kini telah hadir teknologi nano bubble yang akan membuat air kolam menjadi jernih serta banyak mengandung oksigen untuk kelangsungan hidup ikan-ikan koi.

Mesin Generator Nano Bubble

Cara kerja mesin yang modern, akan sangat membantu Anda dalam menghemat waktu dan juga tenaga. Biarkan mesin yang bekerja, dan lihat hasil akhirnya.  

Demikian artikel mengenai cara membuat kolam ikan koi yang bisa kami suguhkan. Semoga bisa memberikan manfaat sekaligus menambah wawasan baru, terutama bagi Anda para pecinta ikan koi.
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon

iklan banner