Cara Paling Mudah Merawat Kolam Ikan Agar Tidak Berlumut - Cheria Oxy Water

Cara Paling Mudah Merawat Kolam Ikan Agar Tidak Berlumut

Cara Merawat Kolam Ikan Agar Tidak Berlumut

Memelihara ikan, bagi sebagian orang dianggap sebagai pelepas penat. Melihat rombongan ikan di dalam kolam begitu lincah ke sana ke mari, mampu memberikan kebahagiaan tersendiri. Ini pertanda ikan dalam keadaan sehat. Apakah memang benar demikian? Secara kasat mata memang kita tidak bisa melihat kondisi kesehatan ikan-ikan tersebut. Nah maka dari itu, kita perlu rutin merawat kolam ikan agar selalu bersih dan terbebas dari lumut.

Kondisi air kolam yang bersih memberikan dampak yang baik bagi keberadaan ikan-ikan tersebut. Begitu juga sebaliknya, kolam yang berlumut akan menjadi sarang bagi bibit kuman atau pun penyakit yang berasal dari kotoran maupun pakan ikan.

Meski dampak yang ditimbulkan dari lumut tersebut tidak selalu buruk untuk beberapa jenis ikan hias, namun hal ini perlu mendapat perhatian khusus bagi para pemelihara ikan. Terutama bagi Anda yang punya bisnis jual beli ikan atau ternak ikan.

Perlu diketahui, lumut yang tumbuh dan menempel di dinding kolam adalah algae atau ganggang hijau, yang merupakan fitoplankton yang memiliki sifat berserat dan ukurannya sangat kecil dengan unit yaitu mikron.

Tumbuhnya ganggang tersebut berasal dari kandungan ammonia sebagai makanan bagi para ganggang hijau tersebut. Ammonia berasal dari sisa-sisa makanan ikan, kotoran ikan dan tumbuhan maupun hewan mati yang kemudian membusuk di dalam kolam.

Algae tersebut bisa tumbuh disebabkan suhu air yang hangat. Suhu air kolam ikan bisa meningkat jika terpapar sinar matahari, terutama saat musim kemarau. Lalu sinar matahari yang langsung mengarah ke kolam juga bisa digunakan untuk proses fotosintesis bagi ganggang tersebut.

Lantas bagaimana tips merawat kolam ikan agar lumut tidak tumbuh subur di kolam? Seperti dikutip dari blog.agromaret.com, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan :

1. Beri Atap

Semakin hangat air kolam karena paparan sinar matahari, maka kemampuan fotosintesis algae semakin meningkat pesat. Jadi langkah pertama yang bisa Anda lakukan agar kolam ikan tidak berlumut adalah dengan memberikan atap di atas kolam ikan. Bisa berupa penutup sederhana yang terbuat dari kain atau jaring-jaring kecil. Atau bisa juga dengan menanam pohon di sekitar kolam ikan.

Tapi jika di sekitar kolam ikan ada pohon yang rindang, sebaiknya kolam diberikan penutup jaring, biar daun-daun yang jatuh tidak langsung ke kolam ikan. Jika daun tersebut dibiarkan di kolam, maka lama kelamaan akan layu dan membusuk, sehingga bisa memicu bertambahnya ammonia di dalam kolam.

2. Rutin Bersihkan Kolam

Berikutnya adalah rajin membersihkan air kolam jika sudah kelihatan kotor. Buang kotoran ikan dan lainnya dari dalam kolam ikan. Pembuangan bisa dilakukan dengan memasang sistem filtrasi pada kolam ikan. 

Mesin Generator Nanobubble

Selain itu, Anda bisa menggunakan teknologi nano bubble untuk membuat air kolam tidak cepat keruh. Air kolam akan jernih dalam waktu lama dan memiliki kandungan oksigen yang tinggi di dalamnya, sehingga ikan-ikan akan tetap sehat, karena air kolam yang jernih.

3. Mengganti Air Kolam

Mengganti air kolam yang tepat adalah tidak perlu mengganti air secara keseluruhan, cukup 10 persen hingga 30 persen dari air kolam. Hal ini mampu membantu mengurangi kandungan ammonia pada air kolam ikan.

Hindari untuk mengganti air kolam hingga habis total. Hal ini bisa mengganggu kehidupan ikan, karena artinya ikan harus melakukan adaptasi kembali terhadap lingungan yang dianggap 'baru' dan filter biologis bisa terkena dampaknya dan bekerja tidak maksimal.

4. Tambahkan Batu Zeolit

Cara Merawat Kolam Ikan Agar Tidak Berlumut

Batu zeolit bermanfaat untuk menyerap zat-zat berbahaya, salah satunya reduksi dari ammonia. Anda bisa mempertimbangkan untuk meletakkan karbon aktif dan batu zeolit di kolam ikan ataupun aquarium. Batu zeolit ini bisa dibeli di banyak toko online maupun di tukang batu dan tanaman.

5. Tambahkan Lampu Ultra Violet

Tips mudah merawat kolam ikan agar lumut tidak tumbuh adalah dengan memasang lampu ultra violet di posisi yang pas. Hal ini menyebabkan algae akan menggumpal dan mati, sehingga lebih mudah untuk disaring atau dibersihkan. Disinyalir keberadaan lampu ini tidak sesuai dengan lingkungan hidup algae tersebut.

Nah demikian artikel cara mudah menghilangkan lumut dari kolam ikan yang bisa kami bagikan. Siapa pun bisa menerapkan tips tersebut di atas. Terutama bagi Anda para peternak ikan. 

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon

iklan banner