Tips Sukses Menyembangkan Usaha Tambak Udang - Cheria Oxy Water

Tips Sukses Menyembangkan Usaha Tambak Udang

Cara Mengembangkan Usaha Tambak Udang
Image : ekonomi.bisnis.com

Di artikel sederhana kali ini, kami ingin berbagi artikel mengenai cara mengembangkan usaha tambak udang, khususnya bagi Anda petambak udang maupun yang baru mau terjun ke bisnis ini. Sehingga setelah membaca artikel ini, usaha tambak udang yang Anda jalani akan semakin meningkat produksinya.

Tidak tertutup kemungkinan, mungkin saja masih ada sebagian petambak yang masih belum mengetahui tips dan trik yang tepat bagaimana meningkatkan usaha tambak udang yang dijalaninya. Kalau itu informasi yang Anda cari dan Anda butuhkan, maka Anda berada di artikel yang tepat.

Beberapa alasan tertentu membuat sebagian pebisnis terjun dan mengelola usaha tambak udang, meski pengalaman yang didapatnya sangatlah minim. Tapi berkat tekad dan kemauan yang kuat untuk belajar, mereka terus mengelola tambak yang dikelolanya dengan berbagai cara secara maksimal.

Seperti kita ketahui, udang merupakan salah satu jenis bahan makanan yang banyak dicari oleh pengelola restoran, terutama restoran seafood atau makanan laut. Maka pasokan udang akan selalu dibutuhkan. Nah inilah salah satu alasan mengapa usaha tambak udang banyak dilirik.

Tapi sayangnya, hanya sedikit petambak udang yang punya kualitas udang yang dibutuhkan oleh restoran. Maka dari itu, untuk menghasilkan kualitas udang yang baik dan diminati oleh banyak restoran, maka Anda perlu menerapkan 5 tips berikut ini :

1. Mengenal Jenis Konsep Tambak Udang

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah memilih mengelola tambak udang dengan cara tradisional, semi intensif atau tambak udang modern. Anda harus mengetahui dengan benar perbedaannya sebelum menentukan konsep yang akan digunakan.

2. Mengenal Jensi Udang Berkualitas Tinggi

Dari sekian jenis udang yang ada, hanya beberapa saja yang dicari oleh restoran, di antaranya adalah udang Vannamei, udang Galah dan udang Windu. Ketiganya merupakan jenis udang berkualitas tinggi yang paling banyak dicari. Maka dari itu, Anda perlu mempelajari terlebih dulu jenis udang seperti apakah yang dibutuhkan dan dicar oleh target pasar Anda.

3. Lokasi Tambak dan Pemilihan Bibit Udang

Langkah untuk mengembangkan usaha tambak udang yang perlu Anda lakukan berikutnya adalah memilih lokasi tambak yang tepat dan memilih bibit udang yang baik. Keduanya merupakan hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai usaha tambak udang.

4. Memahami Target Pasar

Lakukan riset pasar yang tepat. Hal ini bertujuan untuk mengetahui ke mana saja udang-udang tersebut akan Anda jual. Apakah akan Anda jual ke restoran-restoran, atau dikelola sendiri di warung makan yang Anda miliki. Atau warung makan/restoran milik keluarga Anda.

5. Gunakan Mesin Nano Bubble

Untuk melakukan perawatan air di tambak secara maksimal, Anda bisa menggunakan mesin berteknologi nano bubble, yang mana saat ini terus mengalami perkembangan dan mulai banyak dilirik bagi para pengusaha tambak dan pengusaha air lainnya.

Mesin Nano Bubble

Teknologi ini dikenal sebagai sistem pemulihan kualitas air yang terdiri dari dua sub-sistem, yakni plasma generator dan nano bubble generator.

Berikut kami jelaskan cara kerja dari teknologi Plasma Nano Bubble. Pada permukaan air, pengumpul akan menangkap oksigen dari udara, lalu dialirkan ke plasma generator.

Sebagian dari oksigen tersebut, lalu diubah menjadi ozon. Partikel ozon dan oksigen berukuran mikro dan nano itu akan dialirkan melalui nano nozzle ke kolam air sebanyak 10 liter/menit. Partikel ozon dan oksigen inilah yang bisa menguraikan bau dan zat organik serta mampu membunuh bakteri.

Lain halnya dengan nano bubble generator berfungsi menambah oksigen terlarut dalam kolam air yang dapat mengaktifkan mikroorganisme pengurai di dalam air atau sedimen sungai.

Cara Mengembangkan Usaha Tambak Udang

Berbeda dengan gelembung oksigen biasa yang hanya mampu bertahan beberapa menit saja, oksigen berukuran nano tersebut mampu bertahan di air hingga satu bulan. Karena itu dalam rentang waktu sekitar satu bulan, oksigen gelembung nano bercampur dengan aliran air, bereaksi dan mengurai pencemar.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon

iklan banner