Melihat Pelatihan Budidaya Tambak Udang Modern - Cheria Oxy Water

Melihat Pelatihan Budidaya Tambak Udang Modern

Pelatihan Budidaya Tambak Udang Modern
Image : trobosaqua.com

Masih membahas seputar teknologi nano bubble, yang mana salah satu fungsinya bisa untuk membuat air kolam menjadi tidak keruh. Perubahan ini tentu saja membawa kabar baik bagi para pelaku industri tambak ikan maupun udang. Pasalnya langkah ini dinilai lebih hemat dan praktis serta tidak menguras tenaga lebih banyak. Teknologi ini tentu sangat cocok untuk industri pertambakan.

Nah pada artikel kali ini, kami ingin mengajak pembaca untuk melihat sekilas bagaimana pelatihan budidaya tambak udang yang menggunakan alat modern, seperti yang diadakan selama empat hari, mulai dari tanggal 27 - 30 Maret 2019 yang diselenggarakan di Hotel ANB Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat.

Agung Sudaryono selaku Sekretaris Jenderal (Sekjen) Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI) menyampaikan bagaimana cara memilih lokasi yang baik untuk membuat tambak, hingga proses budidaya udang yang umumnya diterapkan di dalam negeri.

Pemilihan lokasi yang akan dibangun lahan budidaya udang akan menentukan faktor keberhasilan proses budidaya.

Berkumpulnya Para Pakar Memberikan Materi Berbobot

Di acara tersebut beberapa materi disampaikan secara berbobot dari masing-masing para ahli. Menurut Rita Rostika selaku Bendahara MAI yang juga seorang dosen dari Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung menyampaikan materi mengenai peranan kualitas air yang baik dalam budidaya udang vanamei.

Materi selanjutnya membahas mengenai teknis pemeliharaan udang dengan menggunakan teknologi budidaya udang saat ini. Selain itu juga dibahas mengenai permasalahan seputar budidaya udang.

Adapun seorang pakar di bidang teknologi nano bubble untuk budidaya tambak udang, Prof. Nurul Taufiqurrahman menyampaikan penerapan teknologi serupa juga sudah dilakukan di Balai Budidaya Air Payau Situbondo, Jawa Timur.

Rencana ke depannya, team akan terus bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mengembangkan teknologi ini agar nantinya budidaya udang di masa mendatang semakin baik.

Para peserta yang hadir terdiri dari wiraswasta, karyawan swasta serta beberapa orang yang berprofesi sebagai petambak. Adapun proses pelatihan diadakan langsung di tambak Dewi Laut Aquaculture yang lokasinya tidak jauh dari hotel.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon